Kehamilan kosong (blighted ovum ) adalah gejala medis dimana rahim/kandungan ibu membesar seperti mendapatkan kehamilan walaupun di dalam rahim tersebut tidak terdapat janin sama sekali. Pada dasarnya kehamilan kosong adalah kehamilan yang tidak terjadi dengan sempurna karena kelainan kromosom pada sel telur, sel sperma atau keduanya.

Kehamilan kosong yang dalam dunia kedokteran disebut sebagai blighted ovum, merupakan suatu kelainan dalam kehamilan di mana kantong kehamilan tumbuh tanpa disertai pertumbuhan janin (embrio), sehingga hanya kantong kehamilannya yang tumbuh. Blighted ovum berbeda dengan hamil anggur (mola hidatidosa). Hamil anggur merupakan suatu kelainan di dalam kehamilan dimana jaringan plasenta (ari-ari) berkembang dan membelah terus menerus dalam jumlah yang berlebihan. Mola dapat mengandung janin (mola parsial) atau tidak terdapat janin di dalamnya (mola komplit).

Kehamilan kosong atau Blighted Ovum adalah suatu keadaan dimana seorang wanita merasa hamil tetapi tidak ada bayi di dalam kandungan. Selain itu, Blighted Ovum (kehamilan kosong) merupakan salah satu jenis keguguran yang terjadi pada awal kehamilan. Disebut juga anembryonic pregnancy, blighted ovum terjadi ketika telur yang dibuahi berhasil melekat pada dinding rahim, tetapi tidak berisi embrio, hanya terbentuk plasenta dan kulit ketuban.

Comments are closed.