Pemahaman orang tua pada prilaku anak, membantu anak untuk berkembang dengan baik. Jika anak berkembang dengan baik, manfaatnya adalah orang tua dapat dengan cepat mengatasi masalah yang dihadapi anak dan orang tua dapat memberi lingkungan yang kondusif pada anaknya.

Semua orang tua tentu sangat bangga bila anaknya dapat melakukan atau membantu pekerjaannya sehingga orang tua tidak perlu meminta bantuan pada orang lain. Sifat mandiri, tidak tergantung pada orang lain akan membawa anak ke gerbang kesuksesan. Menanamkan jiwa kemandirian harus dimulai sejak kecil agar nantinya tidak menjadi beban bila sudah dewasa.

Untuk membangun kemandirian anak diperlukan beberapa jalan seperti:

  1. Menanamkan rasa percaya diri pada anak dengan mengajari anak untuk membuat keputusan sendiri. Misalkan, dengan memberi pilihan pada anak saat belanja, anak memilih di belikan buku cerita atau mainan?.
  2. Beri tanggung jawab atas keputusannya dengan menanyakan alasannya. Misalkan, jika anak memilih mainan,tanyakan apa alasannya?
  3. Jelaskan tentang konsekuensi dari segala tindakannya. Misalkan, jika anak memilih mainan, maka jelaskan konsekuensinya, bahwa ia tidak akan punya buku cerita edisi terbaru.
  4. Orang tua harus menghormati keputusan anak, jangan memaksakan keinginan.

Comments are closed.